Mari Berdayakan Potensi Desa Karave Melalui web

Kembangkan Potensi Desa, Lukman Said Ingin Desa Berinovasi

Ditulis Oleh Administrator pada tanggal 2018-12-20 09:08:08


Pasangkayu, Delik.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasangkayu, H Lukman Said, mendorong semua desa se Kabupaten Pasangkayu agar mampu berinovasi memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa.

Ajakan berinovasi ini disampaikan saat memberi sambutan pada pembukaan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Pasangkayu, di Devonder Hotel Pasangkayu, Rabu 7 November 2018.

Di depan puluhan Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Pasangkayu, Lukman Said, mengemukakan bahwa dengan adanya dana desa sekitar 1,5 M yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, harusnya desa sudah bisa berinovasi meningkatkan PAD yang ada di desa itu sendiri.

“Makanya ke depan Inovasi Hortikultura itu dikembangkan. Dan kalau ini berhasil tentu kita tidak lagi menerima impor dari Palu atau Balaikpapan karena di daerah sendiri buah lebih segar,” katanya.

Menurutnya dari 62 desa yang ada di Kabupaten Pasangkayu pasti rata-rata desa memiliki lahan 2 atau 3 hektare. Makanya hal itulah yang didorong agar masyarakat ada bekerja di dalamnya.

“Daerah kita luar biasa kaya. Makanya saya berbangga Desa Parabu sudah melakukan inovasi makanya itu yang harus dikampanyekan,” imbuhnya.

Sebagai Ketua DPRD yang juga Ketua Umum Adkasi, meminta agar semua desa kompak melakukan Inovasi sesuai arah kebiijakan Pemerintah Daerah dan sesuai harapan Presiden RI Joko Widodo, terkait pembangunan dari desa ke Kota

“Dari Presiden, Gubernur, Bupati, Camat dan Kepala Desa adalah perpanjangan tangan paling terakhir untuk melanjutkan dan menyukseskan program-program Presiden Indonesia. Jadi saya katakan Kepala desa adalah Presiden paling terakhir menjaga kesatuan Republik Indonesia,” kata Lukman Said dengan nada lantang.

Diakhir sambutannya, Lukman Said, juga berharap kepada para sarjana yang ada di desa agar bisa berinovasi sesuai disiplin ilmu yang dimiiki untuk bekerjasama dengan kepala desa dalam rangka membangun desa.

“Ayo kita membangun Kabupaten, mari kita berinovasidalam rangka meningkatkan penghasilan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh,” demikian kata Lukman Said. (p-02)